Grya Gede Kutri, Singapadu memiliki hubungan yang dekat dengan Puri Kauhan Ubud. Hubungan yang erat antara Puri Kauhan dengan Grya Gede Kutri, tidak hanya terjalin dari perkawinan Ida Ayu Suci, putri Ida Pedanda Gde Rai yang diambil istri oleh Anak Agung Gde Raka, putra Ida Anak Agung Gde Oka Kerebek, tapi jauh sebelumnya.

 

Saat Ida Pedanda Gde Rai welaka, beliau sering berinteraksi dengan Ida Anak Agung Gde Oka Kerebek di Puri Agung Ubud, terutama dalam aktivitas nyastra.

 

Mengapa keluarga brahmana, Grya Gede Kutri melakukan aktivitas di Puri Agung  Ubud? Seperti yang sudah dipaparkan dalam kisah sebelumnya bahwa Ida Tjokorda Gede Sukawati, Punggawa Ubud terlibat dalam dua kali peperangan dengan Puri Negara. Dan dalam dua kali peperangan itu, Puri Negara bisa ditaklukan.

 

Sedangkan Grya Gede Kutri adalah purohita, bhagawanta Puri Negara. Sejarah hubungan Grya Gede Kutri dengan Puri Negara dan juga Puri Pinatih bisa ditelusuri dari keberadaan Pura Janji di Desa Kutri. Pura Janji menjadi saksi ikatan keturunan Puri Negara, Puri Penatih dan Grya Gede Kutri.

 

Setelah kekalahan Puri Negara, maka brahmana Grya Gede Kutri banyak terlibat dalam aktivitas ritual-sastra di Puri Agung Ubud. Hubungan ini terus berlanjut ketika Ida Anak Agung Oka Kerebek terlibat dalam pembebasan Ida Pedanda Rai saat welaka yang ditahan oleh Pedanda Kerta Grya Pada Mambal, karena mengambil putrinya. Hal itu membuat hubungan Puri Kauhan Ubud dengan Grya Gede Kutri semakin erat.

 

Sejarah keberadaan brahmana di Grya Gede Kutri bisa ditelusuri dari Babad Brahmana yang tersimpan di Merajan Grya Gede Kutri. Keberadaan Grya Gede Kutri dimulai dari Ida Pedanda Singarsa, putra Ida Paḍaṇḍa Mambal, cucu Ida Pedanda Sakti Mambal.

 

Ida Pedanda Singarṣa mempunyai dua orang putra. Putra sulungnya bernama Paḍaṇḍa Sidĕmĕn, sang adik bergelar Paḍaṇḍa di Sakaton.

 

Kemudian Paḍaṇḍa Sidĕmĕn menurunkan empat orang anak, yaitu: Paḍaṇḍa Lusuḥ yang tinggal di Sĕlat, Paḍaṇḍa Talaga Luhur yang tinggal di Ulah-Sidĕmĕn. Ida Paḍang Ratha bersaudara laki-laki dua orang lahir dari satu ibu. Ida Madhe Paḍang Ratha bersaudara dengan Ida Nyoman Paḍang Ratha.

 

Ida Nyoman Paḍang Ratha gemar sabungan ayam bahkan bermain hingga ke desa lain. Suatu ketika beliau menuju ke wilayah Pĕliatan, Beliau pindah dari Pĕliatan, selanjutnya menuju ke wilayah Tabanan. Lalu pindah lagi dari Tabanan, selanjutnya menuju ke Pamĕcutan wilayah Badung. Di sana beliau diperhatikan oleh penguasa Pamĕcutan.

 

Sangat lama Ida Nyoman Paḍang Ratha tinggal di sana. Kini beliau mulai ingat dengan ajaran kebrahmanaan. Beliau setiap hari belajar. Karena ketekunannya beliau pun mampu menguasai pengetahuan yang utama tersebut. Beliau pun sangat luar biasa saat memaparkannya.

 

Ida Nyoman Paḍang Ratha amat disayang oleh penguasa Pamĕcutan. Kemudian Ida Nyoman Paḍang Ratha menikahi putri brāhmaṇa dari Griya Tĕgal Pamĕcutan, yaitu putri Paḍaṇḍa Carik. Atas pemberian dari I Gusti Nguraḥ Pamĕcutan.

 

Adalah I Gusti Nguraḥ Bija yang berkuasa di wilayah Bun. Pada saat I Gusti Nguraḥ Bija mengabdi di Badung, kepada I Gusti Nguraḥ Jambe serta I Gusti Nguraḥ Pamĕcutan. I Gusti Nguraḥ Bija memohon brāhmaṇa kepada I Gusti Nguraḥ Pamĕcutan. Lalu dimohonlah Ida Nyoman Paḍang Ratha yang diceritakan di depan. I Gusti Nguraḥ Pamĕcutan setuju dengan permintaan I Gusti Nguraḥ Bija.

 

Ida Nyoman Paḍaŋ Ratha kemudian tinggal di wilayah Bun. Sangat lama beliau tinggal di sana, yaitu di Desa Bun. Di sana beliau mengajarkan tentang kebajikan. Ida Nyoman Paḍang Ratha pun berhasil menyucikan diri menjadi pendeta. bersifat unggil, luar biasa pengetahuannya tentang aksara, memahami ajaran dalam weda. Beliau amat unggil dan keutamaannya bagaikan Rĕṣi Kesawa yang murni, yang menunggangi kuda hitam. Nama dīkṣa beliau adalah Paḍaṇḍa Nyoman Paḍaŋg Ratha Śakti. Adalah anak-anak beliau baik yang laki-laki maupun perempuan.

 

Kemudian Paḍaṇḍa Nyoman Paḍaŋ Ratha Śakti menurunkan putra yang bernama Paḍaṇḍa Wayahan Paḍang. Paḍaṇḍa Wayahan Paḍang kemudian menikahi putri I Gusti Babyan keturunan Ārya Pinatiḥ. Paḍaṇḍa Wayahan Paḍang kemudian berputra Paḍaṇḍa Nyoman Paḍang, seperti nama sang kakek. Paḍaṇḍa Nyoman Paḍang menikahi brāhmaṇa putri dari Ida Kĕtut Bukyan yang juga tinggal di Desa Bun. Paḍaṇḍa Nyoman Paḍang kemudian berputra Ida Wayahan Paḍang. Ida Wayahan Paḍang menikah dengan putri I Gusti Nguraḥ Bija yang berkuasa di wilayah Bun. Ida Wayahan Paḍang berputra Ida Wayahan Paḍang. Paḍaṇḍa Nyoman Paḍang kemudian pindah dari Desa Bun. Beliau pindah ke Desa Kutri wilayah Nāgara bersama anak cucunya.

 

Sudah lama berada di Kutri lalu berpulanglah Paḍaṇḍa Nyoman Paḍang. Selanjutnya beliau digantikan oleh Paḍaṇḍa Wayahan Paḍang, yang nama dīkṣanya seperti nama sang kakek. Paḍaṇḍa Wayahan Paḍang kemudian berpulang. Kedudukan beliau digantikan oleh Paḍaṇḍa Wayahan Paḍang, seperti nama sang ayah.

 

Dari Babad Brahaman terbaca jelas hubungan brahmana Grya Gede Kutri dengan Brahmana di Muncan, Karangasem. Dimulai dengan Ida Madhe Paḍang Ratha yang  tinggal di Muñcan dengan Ida Nyoman Padang Ratha.

 

Ida Madhe Paḍang Ratha berputra Ida Malanting. Ida Malanting yang menurunkan brāhmaṇa yang ada di Muñcan. Ida Malanting menurunkan Paḍaṇḍa Madhe Talikup, Paḍaṇḍa Madhe Bhujaga, beliau yang ahli penawar bisa ular; serta Paḍaṇḍa Madhe Putu di Piḍaḍa.

 

Ketiga putra Ida Malanting menurunkan anak-anak baik laki-laki maupun perempuan. Paḍaṇḍa Talaga Luhur mempunyai putra yang bernama Paḍaṇḍa Nyoman Talaga. Paḍaṇḍa Nyoman Talaga pun mempunyai keturunan. Ada putranya yang berada di Gelgel yang bernama Paḍaṇḍa Sidĕmĕn. Paḍaṇḍa Sidĕmĕn menurunkan anak laki-laki dan perempuan.

 

Kemudian Paḍaṇḍa Lusuḥ berputra Paḍaṇḍa Mas yang tinggal di Ulaḥ. Di sana (Ulaḥ) beliau menurunkan anak laki-laki dan perempuan. Saudara-saudara Padaṇḍa Mas bernama Ida Magĕlung, Ida Balayu, juga mempunyai keturunan laki-laki dan perempuan.

 

Selanjutnya Ida Mandwang berputra Ida Kaler di Ulaḥ. Ida Kĕtut Mandwang berputra Ida Taman yang tinggal di Sokong (Lombok), di sana beliau menurunkan anak laki-laki dan perempuan. Ada saudaranya yang sama-sama tinggal di Mamĕnang Sokong. Beliau bernama Ida Pacung, juga mempunyai keturunan.

 

Paḍaṇḍa Kalud di Cĕlit, Desa Sĕlat. Beliau menurunkan putra di Cĕlit hingga dewasa ini. Itulah kelima putra Paḍaṇḍa Lusuḥ di Cĕlit. Dan selanjutnya Paḍaṇḍa di Sakaton mempunyai dua orang anak. Paling sulung bernama Paḍaṇḍa di Griya Carik, adiknya bernama Paḍaṇḍa Gḍe Anom di Ulaḥ. Keduanya lahir dari satu ibu. Kemudian adalah saudaranya yang lahir dari ibu śūdra, bernama Paḍaṇḍa Tangkĕban. Beliau juga menurunkan penerus di Ulah. Selanjutnya Paḍaṇḍa di Griya Carik berputra Paḍaṇḍa Talabaḥ, yang tinggal di Griya Carik. Kemudian adalah keturunannya laki-laki dan perempuan. Mereka adalah keturunan dari Ḍang Hyang Nirartha yang lahir dari ibu brāhmaṇa dari Pasuruhan. Kemudian Ida Kĕtut Abyan Panyadegan merupakan paman dari Paḍaṇḍa Talabaḥ. Semuanya di Griya Carik.